Jumat, 25 Maret 2016

Sistem Informasi Manajemen Perspektif Organisasi


REVIEW BUKU
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSPEKTIF ORGANISASI
Oleh Drs. Danang Sunyoto, S.H.,SE., M.M.

BAB 1
Pengantar Sistem Informasi Manajemen
A.    Mengenai pengantar perkembangan konsep sistem informasi manajemen, ada 4 bidang pokok konsep dan pengembangan sistem yang  sangat penting dalam melacak mula – mula konsep Sistem Informasi Manajemen yaitu perakunan manajerial, ilmu pengetahuan manajemen, teori manajemen, dan pengolahan komputer (Gordon, 1992).
1.      Perakunan Manajerial, perakunan keuangan berhubungan dengan pengukuran pendapatan dalam suatuperiode tertentu.
2.      Ilmu Pengetahuan Manajemen adalah penerapan metode ilmiah dan teknik – teknik analisis kuantitatif terhadap masalah manajemen.
3.      Teori Manajemen, menekankan pemuasan dan mempertimbangkan keterbatasan manusia dalam mencari pemecahan.
4.      Pengolahan Komputer, meningkatkan pemakaiannya dalam rancangan sistem informasi, tetapi disamping itu perkembangan perrangkat keras dan lunak tidak berjalan secara bersama.

B.     Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Menurut Gordon B. Davis, Sistem Informasi Manajemen adalah sistem manusia/ mesin yang terpadukan untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

C.     Inti Sistem Informasi Manajemen dan para pemakainya
Menurut Gordon B. Davis (1992) sebuah sistem informasi manajemen mengandung unsur – unsur fisik sebagai berikut : perangkat keras komputer, perangkat lunak. Perangkat lunak meliputi perangkat lunak sistem umum, perangkat lunak terapan umum, program aplikasi, database. Database yaitu data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer, prosedur dan petugas keorganisasian.







D.    Kemampuan Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen secara khusus mungkin memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Beberapa kemampuan teknis dari sistem komputer meliputi pemrosesan transaksi batch, pemrosesan transaksi tunggal, pemrosesan online, real time, komunikasi data dan switching pesan, pemasukan data jarak jauh, pemutakhiran file, pencarian record dan analisis, pencarian file algoritme dan modul keputusan, dan otomatisasi perkantoran (George M. Scott, 1994).

E.     Tahap Evaaluasi Sistem Informasi Manjemen berbasis komputer dan modelnya
Menurut Reymond McLeod (2001) ada beberapa tahap evolusi sistem informasi berbasis komputer, meliputi : fokus awal pada data, fokus baru pada informasi, fokus revisi pada dukungan keputusan, fokus sekarang pada komunikasi, fokus potensial pada konsultasi.
           
BAB 2
Konsep Sistem Informasi
            Pengertian sistem menurut Gordon B Davis (1992) adalah sistem terdiri dari bagian yang bersama – sama beroperasi untuk mencapai beberapa tujuan, dengan kata lain bahwa suatu sistem bukanlah merupakan suatu perangkat unsur – unsur yang dapat di identifikasikan sebagai kebersamaan yang menyatu disebabkan tujuan atau sasaran yang sama. Jensi sistem yaitu sistem abstrak dan sistem fisik, sistem deterministik dan sistem probabilistik, sistem terbuka dan sistem tertutup.
            Konsep informasi, yakni konsep yang berkaitan denga arti dan sifat – sifat informasi itu sendiri. Definisi informasi yang dikemukakan oleh Samuel Eilon dikutip Onong, bahwa informasi adalah sebagai pernyataan yang menjelaskan suatu peristiwa atau suatu objek atau suatu yang saling berhubungan, mengumpulkan atau mendapatkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi menurut Kenneth dan Jane (2007).
            Dimensi dalm sistem informasi yakni Organisasi, Teknologi, Manajemen. Sedangkan beberapa pendekatan dalam Sistem Informasi yaitu pendekatan teknis, pendekatan perilaku, pendekatan sosioteknis, sistem informasi untuk laporan keuangan eksternal, sistem informasi untuk proses transaksi dan sistem informasi untuk intelijen serta sistem informasi untuk manajer.




BAB 3
Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer
·         Pentingnya Komputerisasi, sebagian orang percaya bahwa sistem komputer memungkinkan data tersimpan didalam file yang dapat digunakan secara luas, yang hal ini merupakan bentuk pelanggaran hak pribadi (Geirge M. Scott, 1994).

·         Berbagai jenis sistem komputer, menurut jenis data yang diolah komputer dibedakan menjadi 3 yaitu, komputer digital, komputer analog, dan komputer hybrid. Komputer menurut tujuannya yaitu special purpose computer dan general purpose computer.


·         Unit input dan output, menurut Raymond McLeod (2001) ada 5 cara dasar memasukan data kedalam komputer yaitu, keyboard, alat penunjuk, alat pembaca optis, alat pembaca magnetik dan alat engenal suara. Unit output adalah beberapa hasil akhir dari semua pemrosesan komputer berbentuk output yaitu alat output tampilan, alat output cetakan, alat output suara, plotter, dan microfon.


BAB 4
Sistem Informasi Dalam Organisasi

Ø  Organisasi dan Ciri – cirinya
Yang dimaksud dengan organisasi adalah struktur formal yang stabil dan formal yang mengambil sumberdaya dari lingkungan dan memprosesnya untuk menciptakan output. Ciri organisasi termasuk proses bisnisnya, budaya organisasi, tujuan, pilihan dan gaya kepemimpinan, seluruh ciri ini mempengaruhi jenis sistem informasi yang digunakan organisasi (Kenneth dan Jane, 2007)

Ø  Pengembangan Organisasi
Menurut Alexander Winn dikutip Gibson Etal., (1987) pengembangan orgaisasi adalah suatu strategi normatif, suatu proses reduksi, yang dimaksudkan untuk memengaruhi sistem kepercayaan, nilai, dan sikap didalam irganisasi, sehingga organisasi itu lebih mampu menyesuaikan diri dengan tingkat perubahan yang cepat dalam teknologi,lingkungan industri dan masyarakat pada umumnya. Dalam hal ini paling tidak ada 4 elemen yang mendorong atau memengaruhi pengembangan organisasi ( Wahyudi dan Subando, 1994) yaitu Manusia ( perilaku), Teknologi, Tugas (task), Struktur.

Ø  Model dasar dan Variasi Struktur Organisasi 
Model dasar struktur organisasi antara lain struktur hierarki, spesialisasi, hubungan lini dan staf, wewenang dan tanggung jawab, rental kendali.

Ø  Variasi Struktur Organisasi
Menurut Gordon B. Davis (1992) ada tiga variasi pokok dalam model dasar keorganisasian yaitu Organisasi berdasarkan produk dan jasa, hubungan lateral dalam sebuah organisasi fungsional, organisasi proyek. 

BAB 5
Sistem Informasi Akuntansi
1.      Pengertian dan ruang lingkup Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan yang ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi dimana pengolahan itu sendiri meliputi pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan dokumen.
2.      Tujuan dan Manfaat
Tujuan Sistem Informasi Akuntansi adalah untuk menyajikan informasi kepada berbagai pihak yang membutuhkan informasi tersebut, baik pihak internal maupun pihak eksternal. Sedangkan manfaat sistem informasi akuntansi diantaranya :
a.       Menyediakan Sistem Informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktifitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
b.      Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
c.       Meningkatkan efisiensi
d.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan

BAB 6
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
            Sistem Informasi Sumber Daya Manusia merupakan sebuah bentuk interaksi / pertemuan antara bidang ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) dan Teknologi Informasi. Sistem ini menggabungkan Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi kedalam aktivitas-aktivitas manajemen sumber daya manusia seperti dalam hal perencanaan dan menyusun sistem pemrosesan data dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan.
            Human Resources Information System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tata kelola dan tata laksana manajemen sumber daya manusia diperusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System (DSS) dengan menyediakan berbagai informasi yang diperlukan. Karakteristik informasi yang dipersiapkan dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia adalah timely (tepat waktu), accurate (akurat), concise (ringkas), relevant (relevan), dan complete (lengkap). Adapun kegiatan –kegiatan utama dari sumber daya manusia adalah perekrutan dan penerimaan, pendidikan dan elatihan, manajemen data, penghentian dan administrasi tunjangan.


            Fungsi – fungsi Sumber Daya Manusia menurut Cherrington (1995) dikutip Raymond McLeod dan George Schell (2004) yaitu terdiri dari staffing / employment, performance evaluation, compenstion, training and development, employet relation, safety and helth,personnel research. Sumber Informasi Sumber Daya Manusia diantaranya : Blangko-blangko lamaran, evaluasi – evaluasi penting, maklumat-maklumat perubahan personalia, tindakan – tindakan pendisiplinan, daftar gaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar